Selasa, 26 Mei 2020

KETIKA AKU BARU KENAL HTI

Bismillaahir Rohmaanir Rohiim

ketika aku baru ngerti HTI, thn 2001, ternyata dibarengi dengan banyaknya tuduhan miring terhadapnya. HTI itu Neo Muktazilah, HTI itu Jabariyyah, HTI itu Khawarij, HTI itu Syi'ah, HTI itu Sempalan Al Ikhwan, HTI itu Wahhabi.  dst.

Kemudian aku berpikir. Dahiku berkerut sambil mataku berkedip-kedip. Satu persatu aliran yang dituduhkan terhadap HTI itu ku pelajari lagi. Muktazilah itu apa dan apa saja ajarannya. Jabariyyah itu apa dan apa saja ajarannya. Khawarij itu apa dan apa saja ajarannya. Syi'ah itu apa dan apa saja ajarannya. Al Ikhwan itu apa dan apa saja ajarannya. Wahhabi itu apa dan apa saja ajarannya. 

Untuk memahami aliran-aliran diatas, aku sering nongkrong di maktabah / perpus masjid Manarul Islam Bangil. Karena ketika itu aku ngajar di Cangaan. Sedang ketika aku sudah di rumah, maka aku sering sowan ke Ndalem BuAhmad bin Abdullah bin Muhammad Alqodry, karena beliau banyak memiliki kitab-kitab klasik seperti kitab Maqôlatul Islâmiyyin karya Imam Asy'ari, Kitab Attauhîd karya Ibnu Huzaimah, dll. Dan ketika itu aku juga ngajar di Ponpes Ketapan dekat dengan BuAhmad Alqodry.

Kemudian setelah itu, aku menyimpulkan, ajaran aliran-aliran tersebut kok saling kontradiksi, seperti kontradiksinya barat dan timur, juga utara dan selatan. Tapi kenapa semuanya dituduhkan terhadap HTI? 

Dahiku lebih berkerut. Putar otak kanan kiri. Setelah Alqur’an, maka akal jadi imamku. Kok bisa HTI itu dituduh ke barat juga ke timur. Dituduh ke utara juga ke selatan. Aku teringat kisah sekumpulan orang buta disuruh mendefinisikan binatang gajah dan mereka hanya menyentuh bagian-bagian dari gajah itu. Setiap orang hanya bisa mendefinisikan gajah sesuai yang disentuhnya. Dan tidak ada seorangpun yang benar mendefinisikan gajah.

Akhirnya, aku paham, bahwa mereka yang menuduh HTI ini dan itu, mereka sama seperti kumpulan orang buta itu. Mereka tidak paham apa itu HTI, apa itu ajaran HTI, secara keseluruhan. Pengetahuan mereka terhadap HTI hanya sepenggal-sepenggal, bahkan sengaja memenggal-menggal. Jadi semuanya salah. Sebab, kalau mereka  benar, mereka pasti sepakat menuduh HTI satu aliran saja, Muktazilah atau Jabariyyah, Khawarij atau Syi'ah, Wahhabi atau Al Ikhwan. Ke timur atau ke barat, ke utara atau ke selatan. Jadi cukup satu aliran dan satu arah saja yang dituduhkan. 

Singkat cerita, thn 2001 aku kenal dan mulai ngaji dengan syabab HTI, dan akhir tahun 2006 aku menjadi syabab hizbiy HTI. Jadi prosesnya butuh 5 thn. Dan Alhamdulillah, bisa dibilang matang tsaqofah HTI. Sehingga bisa membantah fitnah-fitnah yang dialamatkan terhadap HTI. Wassalám 

#GakMauDibohongiLagi
#GakMauKetipuLagi

0 komentar:

Posting Komentar